Selasa, 25 Desember 2012

Masakan Padang


Rendang Padang




Masakan Padang - Resep Rendang Padang

resep rendang padang
resep rendang padang siapa yang tidak tahu. resep rendang kali ini dijamin maknyus karena memang sudah dicoba di dapur uji. Resep masakan padang yang satu  ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Bahkan pengakuan kemasyuran masakan Indonesia itu disampaikan oleh sebuah lembaga berita internasional ternama yaitu CNN. CNN menempatkan rendang pada posisi 11 sebagai ikon kuliner dunia.
Walaupun kriteria penilaiannya banyak diperdebatkan, namun tidak ada salahnya jika kita sedikit berbangga hati dengan pengakuan internasional ini. Rendang yang paling banyak dikenal adalah rendang daging sapi, namun sebenarnya tidak menjadi keharusan, karena masakan khas kapau misalnya telah dikenal sejak lama rendang ayam, atau jika anda ke payakumbuh justru banyak ditemukan rendang telur sebagai oleh oleh.
Hasil masakan rendang sangat dipengaruhi takaran bumbu dan pilihan bumbu yang tepat serta tekhnik memasak yang benar. Jika kita kembalikan kemasa lampau masakan tradisional ini diolah menggunakan kayu bakar supaya apinya tidak terlalu panas, selain itu aroma asap kayu bakar turut mengharumkan bumbu tang tereduksi sampai mengental. Jika anda memasak dengan kompor gas pun, memasak dengan api yang tidak terlalu panas harus tetap dipertahankan.
Cocoknya rendang memang disantap bersama nasi panas. Namun alternative lain seperti menyantap bersama roti, dibuat pizza atau dimakan bersama mie goreng adalah cara cara yang pernah dilakukan dan terbukti tidak mengurangi kelezatan rendang padang. Atau jika anda memang sedang menghindari karbohidrat, menyantap rendang dengan rebusan daun singkong saya pikir akan manjadi pilihan yang tepat.

Yang harus disiapkan
2 kilogram daging sapi segar
6 butir kelapa, diperas santannya, dibuat dua jenis yaitu santan kental dan santan encer
8 lembar daun jeruk
6 batang serai, dimemarkan
8 butir asam kandis
200 mililiter minyak sayur
10 gram garam

Bumbu resep rendang padang:
120 gram bawang merah
100 gram bawang putih
500 gram cabe merah ukuran besar
200 gram lengkuas
100 gram kemiri
4 gram cengkeh

CARA MEMBUAT RENDANG PADANG  - RESEP RENDANG PADANG :

Semua bumbu dihaluskan dengan cara diulek atau bisa juga diblender
Bumbu tadi ditumis menggunakan minyak sayur sampai harum
Tambahkan batang serai, daun jeruk, asam kandis dan garam, sambil diaduk merata
Tuangkan santan dan masak sampai mendidih dengan api kecil, tambahkan daging.
Lanjutkan memasak menggunakan api kecil dalam waktu beberapa jam hingga daging lunak dan bembu berubah warna menjadi coklat.

Catatan : Untuk rendang daging khas kapau ditambahkan kentang kecil kecil atau, singkong goreng bahkan kacang merah. Sebelumnya rendam kacang merah satu malam, lalu rebusnamun jangan hingga empuk. Kacang merah ini ditambahkan pada jam terakhir membuat rendang. Jika terlalu cepat dimasukan pada saat memasak rendang, kacang merah akan tergoreng oleh minyak yang terpisah dari santan dan justru akan menjadi keras.

2 komentar:

  1. menjual bumbu rempah bubuk untuk pemasak rendang
    lihat selengkapnya di :
    http://indonetwork.co.id/ptabroprimamakmur/4334314/bumbu-rendang.htm

    BalasHapus
  2. bisa kelihatam item gitu sist?
    apa kalo dijual nanti gak pada protes, dianggap gosong, hehehee

    BalasHapus